Kesempatan menolong orang lain

Beberapa hari yang lalu saya mengalami hal yang menarik. Dalam sehari ada 3 orang yang menanyakan petunjuk jalan kepada saya. Menolong orang lain adalah kesempatan langka, dan di hari itu saya diberi kesempatan 3 kali.

Tapi, beberapa hari kemudian, setelah mengamati dan mencermati apa yang terjadi di sekitar saya, ternyata kesempatan untuk menolong orang lain sebenarnya terasa langka karena seringkali kita menghindar atau tidak mengambil kesempatan tersebut. Banyak pertimbangan dan alasan yang kita pakai untuk menghindar dari kesempatan tersebut. Buru-buru, tidak kenal, takut jangan-jangan yang hendak ditolong punya niat jahat, dan berbagai alasan lainnya. Alasan-alasan tersebut tidak salah, dan karena itulah kesempatan untuk menolong orang lain semakin menjadi anugerah yang luar biasa.

Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana kita mengenali kesempatan itu? Mungkin kita tidak pernah tahu. Mungkin tergantung dari kepribadian. Mungkin yang tahu memang cuma Tuhan, sang pemberi kesempatan.

Saya jadi teringat Pak Aaron yang pernah menolong saya dan istri (A True Christian). Mintalah kepada Tuhan agar diberi kesempatan untuk menolong orang lain.

2 Replies to “Kesempatan menolong orang lain”

Leave a Reply